Warga Bengkalis Evakuasi Buaya 500kg Karena Meresahkan

Warga Bengkalis Evakuasi Buaya 500kg Karena Meresahkan – Buaya seberat 500kg dan dengan panjang tubuh sekitar 4 meter berhasil ditemukan oleh warga Desa Temiang, Kecamatan Bandar Laksamana, Kabupaten Bengkalis pada hari Minggu 2 September 2018. Buaya tersebut ditemukan di tepi sungai di Dusun marambai. Penangkapan buaya tersebut disampaikan oleh Kepala Desa Temiang, Sukadi. Penangkapan tersebut dilakukan dengan cara memancing buaya tersebut dari tepi sungai.

Warga melakukan penangkapan lantaran buaya tersebut sering memunculkan diri. Hal tersebut membuat para warga yang ingin melintas di dekat sungai Dusun Marambai tersebut menjadi resah. Proses evakuasi terhadap buaya tersebut juga menggunakan pawang buaya yang ada di Desa tersebut. Sebelum melakukan penangkapan, Sukadi sudah menyampaikannya ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau.

Warga Bengkalis Evakuasi Buaya 500kg Karena Meresahkan

Warga Bengkalis Evakuasi Buaya 500kg Karena Meresahkan

Hingga akhirnya buaya tersebut dievakuasi dan berhasil diikat hingga dari pihak BBKSDA Riau tiba di lokasi. Namun sayang, ketika pihak BBKSDA Riau tiba di lokasi, buaya yang berhasil dievakuasi tersebut sudah mati. Humas BBKSDA Riau, Dian Indriati menyampaikan informasi tersebut. Dian juga mengatakan bahwa buaya tersebut sudah dalam keadaan mati dengan luka yang berada pada bagian kepalanya.

Dian menyampaikan bahwa ada cairan yang keluar dari lubang atas kepala dan diduga dari otak buaya tersebut. Dian mengatakan bahwa kematian buaya tersebut diakibatkan karena dianiaya oleh warga dan adanya perlawanan dari buaya tersebut. Sebelumnya Dian juga menyarankan kepada para warga agar buaya tersebut segera dikubur. Jika tidak segera dikubur, bangkai buaya tersebut akan menimbulkan bau yang menyengat. Buaya tersebut pun akhirnya dikubur tidak jauh dari lokasi penangkapan.

Dian menjelaskan kasus munculnya buaya di daerah Kepulauan Riau ini bukanlah kasus yang pertama kalinya terjadi. Sebelumnya juga sempat ditemukan tiga ekor buaya yang berhasil ditangkap di tempat yang berbeda. Namun ketiga buaya tersebut berhasil ditangkap dalam keadaan hidup. Penangkapan tiga buaya tersebut juga berkat kerjasama dari warga sekitar dan pihak BBKSDA Riau. Dan ketiga buaya tersebut juga kini sudah diserahkan dan dibawa oleh pihak BBKSDA Riau.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X
%d blogger menyukai ini: