Seekor Buaya Di Bambu Apus Jakarta Timur Dievakuasi

Seekor Buaya Di Bambu Apus Jakarta Timur Dievakuasi – Seorang warga di Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur meminta petugas mengevakuasi seekor buaya setelah tidak ada lagi yang mengurusnya. Buaya tersebut dievakuasi dari Perum Griya Loka Residence pada sekitar pukul 13.45 WIB pada hari Senin 9 Juli 2018. Buaya tersebut memiliki panjang tubuh sekitar 4,5 meter dan memiliki bobot sekitar 250 kg.

Kasi Operasional Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Timur Gatot Sulaiman membenarkan hal tersebut. Gatot menceritakan bahwa buaya tersebut dipelihara sejak tahun 1990 oleh pemiliknya hingga saat ini. Namun pemilik buaya tersebut kini sudah meninggal dunia dan diurus oleh anaknya. Hingga anaknya sudah tidak lagi berani untuk memelihara buaya dan meminta petugas untuk membawa buaya peliharaan ayahnya tersebut.

Seekor Buaya Di Bambu Apus Jakarta Timur Dievakuasi

Seekor Buaya Di Bambu Apus Jakarta Timur Dievakuasi

Ketua RW 03 Perum Griya Loka Residence, Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur, Maah Setiawan menceritakan awal buaya tersebut dipelihara. Awalnya buaya tersebut dipelihara dari tahun 1990 dan memiliki berat 1 kg hingga saat ini telah mencapai bobot 250 kg. Maah juga menceritakan bahwa pemilik buaya tersebut, Haji Mamat Isnain merupakan tokoh Betawi di wilayah tersebut. Diketahui Mamat dulu juga memiliki lahan dengan luas 5 hektar.

Mamat juga sempat memelihara banyak satwa seperti ular piton dan menjangan. Namun hewan-hewan tersebut kini sudah diserahkan ke Pemerintah kecuali buaya tersebut. Sejak awal dipelihara, buaya tersebut selalu diberi makan ayam oleh Mamat. Setelah Mamat meninggal dunia, tidak ada lagi yang merawat ladang tersebut, sehingga siapa saja member makan buaya tersebut. Buaya yang dievakuasi tinggal di kolam yang penih semak belukar yang berada di pemukiman warga.

Maah melanjutkan buaya tersebut terkadang menjadi hiburan warga karena buaya tersebut tidak mengganggu warga dan lingkungan sekitar. Namun yang ditakuti nantinya ada anak kecil yang tidak mengetahui keberadaan buaya tersebut akan membahayakan. Kini buaya sepanjang 4,5 meter tersebut telah dievakuasi ke Taman MIni Indonesia Indah (TMII). Para petugas yang melakukan evakuasi membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam.

Kasi Operasional Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Timur Gatot Sulaiman mengatakan proses evakuasi dimulai sejak pukul 14.25 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Petugas gabungan yang dibantu oleh warga sekitar menangkap buaya tersebut dengan cara menjeratnya setelah air dikolam tersebut disedot.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X
%d blogger menyukai ini: