Sayap Pesawat Lion Air Tabrak Tiang Lampu Di Bandara Bengkulu

Sayap Pesawat Lion Air Tabrak Tiang Lampu Di Bandara Bengkulu

Sayap Pesawat Lion Air Tabrak Tiang Lampu Di Bandara Bengkulu – Salah satu pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-633 yang direncanakan akan melakukan penerbangan dari Bengkulu ke Jakarta gagal terbang. Penundaan keberangkatan tersebut dikarenakan adanya insiden yang terjadi pada pesawat yang menabrak tiang lampu koordinat di Bandara Fatmawati, Bengkulu. Keterangan tersebut disampaikan oleh Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro.

Danang menyampaikan pesawat yang rencananya dijadwalkan akan terbang pukul 18.20 WIB kini harus mengalami keterlambatan. Pesawat JT-633 tersebut mengangkut 7 kru pesawat dan 143 orang penumpang. Penundaan penerbangan tersebut dilakukan demi memastikan keselamatan dikarenakan pada ujung sayap sebelah kiri pesawat terdapat lekukan setelah menabrak tiang lampu. Insiden tersebut terjadi saat pesawat bersiap menuju taxiway (landas hubung). Akibat insiden tersebut, penumpang terpaksa diarahkan untuk kembali ke ruang tunggu.

Sayap Pesawat Lion Air Tabrak Tiang Lampu Di Bandara Bengkulu

Sayap Pesawat Lion Air Tabrak Tiang Lampu Di Bandara Bengkulu

Peristiwa tersebut ditanggapi oleh pengamat penerbangan, Alvin Lie yang mempertanyakan luas apron dari Bandara Fatmawati. Selain itu juga, Alvin sempat mengkritik kehadiran petugas parkir pesawat atau wingman dalam peristiwa tersebut. Alvin juga mempertanyakan apakah Bandara Fatmawati juga telah menerapkan Safety Management System (SMS) secara konsekuen. Menurut Alvin, pelataran yang terdapat di Bandara Fatmawati terlalu sempit.

Mengetahui peristiwa tersebut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) langsung melakukan investigasi. Menurut Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Udara M Pramintohadi Sukarno bahwa investigasi akan dilakukan oleh Inspektur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara, Inspektur Bandar Udara, dan Inspektur Navigasi Penerbangan. Investigasi juga dilakukan untuk melihat penyebab kejadian dan langkah untuk mendapatkan tindakan yang tepat.

Pihak Lion Air juga telah mengirim timnya ke Bandara Fatmawati untuk melakukan pengecekan terhadap pesawat berjenis Boeing 737-900 ER dan dengan nomor registrasi PK-LGY tersebut. Saat ini pesawat yang direncanakan akan terbang ke Bandara Soekarno Hatta tersebut masih terparkir. Karena insiden tersebut, para kru dan penumpang dialihkan dengan menggunakan pesawat yang lain. Dan saat ini pilot pesawat juga telah di grounded untuk dilakukan investigasi.

Selain itu, pihak Lion Air juga telah memberikan penjelasan terkait pesawatnya yang menabrak tiang lampu tersebut. Mereka menyebutkan bahwa pesawat bergerak sesaui panduan petugas Aircraft Movement Control (AMC). Kini petugas AMC yang juga sebagai personel dari pengelola bandara tersebut sedang diperiksa oleh pihak terkait.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X
%d blogger menyukai ini: