Polisi Minta Menkominfo Untuk Blokir Akun Penyebar Hoax

Polisi Minta Menkominfo Untuk Blokir Akun Penyebar Hoax

Polisi Minta Menkominfo Untuk Blokir Akun Penyebar Hoax – Pihak Kepolisian telah meminta kepada Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) untuk menindak akun-akun yang melakukan penyebaran berita bohong atau hoax. Polisi meminta untuk menghapus positngan hoax, seperti berita tentang kasus penculikan anak dan jatuhnya pesawat Lion Air yang kini sudah semakin banyak. Pihak kepolisian juga meminta untuk memblokir akun-akun yang ikut menyebar berita hoax tersebut.

Selain Menkominfo, pihak kepolisian juga meminta kepada Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk melakukan tindakan tersebut. Hal tersebut disampaikan oleh Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo. Dedi mengatakan bahwa tindakan tersebut dilakukan agar masyarakar dapat cerdas dan lebih bijak untuk menggunakan sosial media. Dan untuk memberikan efek jera, pihak kepolisian akan memberikan proses hukum kepada para pelaku penyebar berita hoax.

Polisi Minta Menkominfo Untuk Blokir Akun Penyebar Hoax

Polisi Minta Menkominfo Untuk Blokir Akun Penyebar Hoax

Sebelumnya pihak kepolisian berhasil mengamankan dua orang, yakni pria dan wanita berinisial N dan U di Makassae, Sulawesi Selatan. Kedua orang tersebut diamankan pihak kepolisian karena telah menyebarkan berita hoax tentang penculikan anak. Informasi tersebut dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Dicky Sondani pada hari Selasa (6 November 2018). Kedua pelaku tersebut menyebarkan berita hoax di media sosial sehingga menyebabkan ketakutan kepada masyarakat lain.

Dicky juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak mempercayai berita yang disebarkan di beberapa media sosial. Jika ada yang merasa dirugikan terhadap pemberitaan di media sosial, masyarakat diminta untuk dapat melaporkan ke Krimsus bagian unit cyber. Dicky juga mengingatkan bahwa pihak kepolisian akan selalu melakukan patroli cyber terhhadap konten yang mengenai berita hoax. Dicky menjelaskan proses penangkapan pelaku penyebar berita hoax dengan cara melacak akun yang digunakan.

Terhadap tersangka yang melakukan pemberitaan hoax akan dikenakan sanksi tindakan hukum dan akan dikenakan Pasal 15 UU RI No. 1 Tahun 1946 tentang peraturan pidana hukum. Selain itu pihak kepolisian juga telah menangkap beberapa tersangka yang menjadi pelaku penyebaran berita hoax tentang jatuhnya pesawat Lion Air JT610. Menkominfo, Rudiantara meminta masyarakat agar segera menghentikan beredarnya berita-berita hoax yang marak di media sosial. Caranya adalah dengan tidak mempercayai begitu saja dan tidak menyebarkan berita yang tidak jelas kebenarannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X
%d blogger menyukai ini: