Gempa Situbondo Juga Dirasakan Oleh Warga Bali

Gempa Situbondo Juga Dirasakan Oleh Warga Bali

Gempa Situbondo Juga Dirasakan Oleh Warga Bali – Dikabarkan gempa yang berkekuatan 6,4 magnitudo mengguncang Situbondo. Namun menurut BMKG, gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Lokasi gempa diperkirakan berada pada jarak 61 km timur laut Situbondo. Gempa terjadi pada sekitar pukul 01.44 WIB dan disaat para warga sedang beristirahat. Setelah gempa tersebut terjadi, warga pun terkejut dan berhamburan keluar rumah.

Dari gempa tersebut, belum didapati laporan kerusakan dan adanya korban. Akan tetapi, gempa yang dialami di Situbondo juga terasa hingga di Banyuwangi, Jawa Timur. Salah satu wilayah yang merasakan gempa Situbondo tersebut adalah di Kelurahan Karangrejo, Kota Banyuwangi. Akibatnya banyak juga warga yang juga berhamburan keluar rumah karena takut. Banyak juga warga yang masih berada di luar rumah untuk berjaga-jaga.

Gempa Situbondo Juga Dirasakan Oleh Warga Bali

Gempa Situbondo Juga Dirasakan Oleh Warga Bali

Gempa tersebut berlangsung selama kurang lebih satu menit dan hingga menimbulkan suara gemuruh. Banyak juga perkakas yang digantung sampai terjatuh dan beberapa barang dirumah juga sampai ada yang bergeser. Selain itu, gempa juga dirasakan hingga ke pulau Bali seperti di Pemogan, Denpasar Selatan, Bali. Namun untungnya gempa yang dirasakan tersebut tidak kuat dan hanya berlangsung selama kurang lebih 20 detik.

Setelah gempa sudah tidak lagi dirasakan, warga pun kembali masuk ke rumah masing-masing. Namun ada juga beberapa warga yang masih berjaga di sekitar lingkungannya. Suasana di sekitar pun kembali sepi. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa berada pada titik koordinat 7,42 Lintang Selatan dan 114,47 Bujur Timur. BMKG juga menerangkan bahwa gempa tersebut berada pada kedalaman 10 km.

Gempa yang dialami di Situbondo membuat beberapa bangunan rumah di Kepulauan Sapudi, Sumenep menjadi roboh dan rusak. Seorang warga mengatakan bahwa getaran gempa di wilayah tersebut memang terasa sangat kencang. Sehingga gempa tersebut membuat bangunan rumahnya menjadi retak dan beberapa genteng menjadi runtuh. Menurut laporan dari warga sekitar beberapa wilayah dari Kepulauan Sapudi yang mengalami kerusakan, diantaranya Desa Gayam, Kecamatan Gayam, Kepulauan Sapudi, Sumenep.

Kerusakan cukup parah yang dialami tersebut dikarenakan masih banyak rumah yang di wilayah tersebut yang tidak tahan terhadap gempa. Dan hingga saat ini, baik dari pemerintah setempat dan BPBD masih belum bisa dikonformasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X
%d blogger menyukai ini: