Aturan Plat Ganjil Genap Di Bekasi Mulai Diterapkan

Aturan Plat Ganjil Genap Di Bekasi Mulai Diterapkan

Aturan Plat Ganjil Genap Di Bekasi Mulai Diterapkan – Senin, 12 Maret 2018 di Bekasi Barat dan Timur telah mulai diberlakukan plat ganjil genap. Itu artinya di setiap tanggal ganjil, hanya kendaraan yang ber-plat ganjil saja yang boleh melintas, begitu juga sebaliknya. Aturan yang berlaku ini di hari senin sampai dengan hari jum’at dari pukul 06.00 sampai pukul 09.00. Aturan ini diberlakukan untuk mengurangi kemacetan yang terjadi setiap hari, termasuk di gerbang tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur. Pemerintah menghimbau agar warga yang memiliki kendaraan yang tidak dapat melintas untuk menggunakan transportasi umum. Pemerintah juga memberikan solusi dengan menyediakan lahan parkir bagi yang tidak dapat melintas di jalan tersebut.

Di hari pertama aturan ini diberlakukan, para warga yang melanggar tidak ditilang. Mereka hanya diberi peringatan dan diarahkan ke jalur alternatif. Di hari pertama aturan ini diberlakukan, di sepanjang jalan arteri. Yakni jalan Ahmad Yani, jalan Djuanda, jalan I Ngurah Rai, Jalan Chairil Anwar, Jalan Joyomartono, Jalan Mayor Hasibuan, Jalan Sudirman dan Jalan Sultan Agung. Di jalan-jalan tersebut terlihat lancar. Namun kemacetan masih terjadi di depan gerbang tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur. Yang disebabkan oleh kendaraan yang masih melintas sebelum waktu aturan ganjil genap diberlakukan.

Meski kebijakan ini telah diumumkan sejak dua pekan lalu (22 Februari 2018), namun masih banyak pengendara yang masih belum mengetahui tentang pemberlakuan ganjil genap ini. Tetap saja masih juga ada warga yang menilai pro dan kontra mengenai peraturan yang baru saja diterapkan ini. Para warga yang menilai kontra ini kebanyakan adalah pengendara yang enggan untuk beralih ke kendaraan umum. Yang telah disiapkan pemerintah untuk membantu para pengendara. Namun meskipun demikian, para warga ini tidak memiliki pilihan lain selain menggunakan kendaraan umum yang telah disiapkan oleh pemerintah, yakni menggunakan bus Transjabodetabek Premium. Yang secara drastis juga ikut naik jumlah penggunanya sebanyak 5 kali lipat dari hari biasa setiap harinya.

Aturan Plat Ganjil Genap Di Bekasi Mulai Diterapkan

Aturan Plat Ganjil Genap Di Bekasi Mulai Diterapkan

Selain itu pemerintah juga menerapkan aturan tentang kendaraan distribusi. Atau kendaraan pembawa barang untuk golongan III, IV dan V untuk tidak melewati tol Cikampek. Dari pukul 06.00 sampai dengan pukul 09.00 WIB. Kepala BPTJ (Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek) Bambang Prihartono mengatakan bahwa kendaraan-kendaraan berat juga ada bagian yang menjadi penyebab macetnya jalan di sepanjang tol Jakarta-Cikampek pada jam-jam sibuk dan untuk itulah peraturan tersebut diberlakukan.

Bambang juga berharap dengan diberlakukannya peraturan baru ini dapat menekan jumlah kemacetan yang ada di jalan-jalan tersebut. Termasuk di ruas jalan Bekasi yang sudah semakin parah yang dimana jumlah kendaraan telah melebihi volume kendaraan. Semoga dengan adanya aturan plat ganjil genap di Bekasi mulai diterapkan ini dapat terhindar dari meledaknya jumlah kendaraan yang ada di Jabodetabek.

About

No Comments

Leave a Comment

X
%d blogger menyukai ini: