Arus Mudik Tahun Ini Lebih Lancar Dibanding Tahun Lalu

Arus Mudik Tahun Ini Lebih Lancar Dibanding Tahun Lalu –  Tiga hari menjelang Lebaran Idul Fitri arus mudik masih terpantau ramai lancar. Arus mudik tahun 2018 ini jauh berbeda dibandingkan dengan arus mudik tahun-tahun sebelumnya. Seperti kemacetan parah yang terjadi di exit tol Brexit pada tahun lalu. Kepala Posko Pemantau Arus Mudik Operasi Ketupat 2018, Kombes Pol Eddy mengungkap faktor lancarnya arus mudik tahun ini.

Eddy mengungkapkan yang menjadi faktor pertama adalah jauhnya masa cuti yang diberikan sebelum Lebaran Idul Fitri tiba. Jadi pola waktu yang harus diatur untuk melakukan arus mudik lebih mudah. Eddy juga menginformasikan bahwa puncak arus mudik telah terjadi pada hari Sabtu dan Minggu (9 dan 10 Juni 2018) kemarin. Namun Eddy juga akan melakukan antisipasi melonjaknya jumlah pemudik pada 12 dan 13 Juni 2018 nanti.

Arus Mudik Tahun Ini Lebih Lancar Dibanding Tahun Lalu

Arus Mudik Tahun Ini Lebih Lancar Dibanding Tahun Lalu

Kemudian yang menjadi faktor kedua menurut Eddy adalah infrastruktur penunjang arus mudik, yakni jalan tol yang telah berfungsi dengan sangat baik. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga menilai bahwa arus mudik tahun ini memang lebih lancar dibandingkan dengan tahun lalu. Hal tersebut dilihat berdasarkan hasil pemantauan Kemenhub sejak H-8 lalu. Tidak seperti tahun lalu sempat adanya kemacetan sampai beberapa km.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Ketua Harian Posko Nasional Angkutan Lebaran 2018, Junaedi. Junaedi juga mengungkapkan bahwa meskipun sempat ada kemacetan yang terjadi di ruas jalan tol. Namun kemacetan tersebut sudah dapat dinormalkan kembali dengan cepat. Junaedi juga mengungkapkan hal yang sama seperti Kombes Eddy bahwa faktor utama yang membuat arus mudik menjadi lancar dikarenakan masa cuti lebaran yang lebih panjang. Jadi untuk masyarakat tak mudik secara bersamaan.

Lancarnya arus mudik tahun ini juga dikomentari oleh Penasehat Toyota Innova Owner Club Indonesia (TOC), Satoto Tri Handono yang juga ikut merasakan arus mudik. Pria yang akrab dipanggil Toto tersebut juga menilai pemerintah telah berhasi mengatur arus mudik lebaran Idul Fitri tahun ini. Toto juga sempat terheran dengan arus mudik tahun ini tanpa kemacetan yang parah. Hal serupa juga disampaikan oleh pemudik lain yang ikut merasakan lancarnya arus mudik tahun ini.

About

No Comments

Leave a Comment

X
%d blogger menyukai ini: