13 Orang Berhasil Diselamatkan Dari Gua Thailand

13 Orang Berhasil Diselamatkan Dari Gua Thailand

13 Orang Berhasil Diselamatkan Dari Gua Thailand – Aksi penyelamatan yang dilakukan untuk 12 orang remaja dan seorang pelatih tim sepakbola yang terperangkap dalam sebuah gua di Thailand akhirnya berhasil. 13 orang tersebut berhasil diselamatkan dari dalam gua dengan keadaan selamat. Informasi tersebut disampaikan Angkatan Laut Thailand secara resmi lewat akun Facebooknya. Tim sepakbola remaja dan pelatihnya itu sudah terperangkap dalam gua sejak 23 Juni 2018 lalu.

Operasi penyelamatan yang dilakukan pun sempat menjadi sorotan dunia. Penyelam dari berbagai negara pun diterjunkan langsung untuk melakukan penyelamatan terhadap ke-13 orang tersebut. Bahkan CEO SpaceX, Elon Musk datang langsung ke Thailand untuk mengantar kapal selam mini buatannya. Dua penyelam asal inggris, John Volanthen dan Rick Stanton merupakan penyelam yang pertama kali menemukan para korban. Kedua penyelam tersebut memang mempunyai reputasi yang baik di dunia.

13 Orang Berhasil Diselamatkan Dari Gua Thailand

13 Orang Berhasil Diselamatkan Dari Gua Thailand

Ada juga penyelam asal Denmark, Ivan Karadzic yang ikut membantu menyelamatkan para korban yang terperangkap dalam gua. Ivan Karadzic tersebut sehari-harinya memang memiliki perusahaan selam di Thailand. Selain tenaga, kehalian dan teknologi, ada juga dukungan dari berbagai dunia dalam bentuk doa dan simpati. Tagar #ThaiCaveRescue juga telah dibanjiri doa, ucapan dan penyemangat, hingga dibuatnya ilustrasi tentang penyelamatan para korban.

Dibalik kisah berhasilnya penyelamatan terhadap para korban, rupanya terselip kisah heroik di dalamnya. Seorang penyelam dikabarkan meninggal dunia demi memastikan para korban selamat. Penyelam yang meninggal tersebut bernama Saman Gunan (38) yang juga merupakan mantan penyelam Angkatan Laut Thailand. Meskipun dirinya telah mengundurkan diri, namun Saman memilih bergabung kembali secara sukarela.

Ketika itu, Saman yang bertugas mengirimkan oksigen untuk para korban tidak membawa cukup oksigen untuk dirinya sendiri. Setelah itu, Saman mulai hilang kesadaran hingga akhirnya ia tenggelam saat ingin keluar dari dalam gua. Meninggalnya Saman menjadi bukti bahwa betapa bahayanya gua dimana para korban terjebak. Jenazah Saman telah dimakamkan di sebuah kuil di Provinsi Rot Et. Bendera Thailand juga telah diletakkan diatas peti matinya sebagai bentuk penghormatan kepadanya.

Kini ke-12 tim pesepakbola remaja dan seorang pelatih yang terperangkap dalam gua tersebut telah dibawa ke rumah sakit untuk memastikan kondisi kesehatannya. Mereka langsung dibawa menggunakan helikopterke sebuah rumah sakit dekat Chiang Rai pada hari Senin 9 Juli 2018 waktu setempat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X
%d blogger menyukai ini: